Folding gate merupakan pintu dengan sistem buka tutup kesamping kiri dan kanan. Folding gate banyak digunakan untuk pintu toko dan garasi.  Harga pembuatan folding gate ditentukan oleh ketebalan daun dan rangkanya.

Bahan dasar pembuatan folding gate adalah besi. Dipilih besi karena karakteristiknya yang kuat, kokoh, mudah dibentuk dan tahan lama. Untuk bagian slat daun folding gate digunakan bahan besi dan galvalum. Galvalum ini sangat tahan terhadap karat

Kebanyakan orang menyamakan folding gate dengan rolling door. Sekilas memang terlihat sama tapi kenyataannya kedua pintu ini memiliki perbedaan dari segi fungsi, cara kerja, dan material yang dipakai.  Kedua pintu ini sangat mendukung keamanan dan kenyamanan kerja bisa digunakan sebagai akses keluar masuk kendaraan dari garasi rumah.

Perbedaan folding gate dan rolling door terletak pada sistem bukanya. Folding gate di buka dengan menggeser pintu ke samping kanan dan kiri sedangkan rolling door cara bukanya ke atas dan kebawah. Folding gate lebih banyak dipilih dibandingkan rolling door karena memiliki banyak kelebihan.

BACA: Perbedaan Folding Gate, Rolling Door, Folding Door PVC dan Pintu Harmonika

Folding gate memiliki kekuatan dan keawetan yang lebih baik dibandingkan dengan rolling door. Sehingga folding gate sangat cocok dipilih untuk penggunaan jangka panjang. Selain itu folding gate memiliki rangka besi yang saling silang  menyilang dibagian dalam yang lebih dikenal dengan pintu harmonika.

Kelebihan folding gate yang lain yaitu sebagai berikut:

  • Folding gate biasanya dibuat double pengaman sehingga susah dirusak dan lebih menjamin keamanan bangunan dan isinya.
  • Folding gate memiliki nilai ekonomis jangka panjang karena keawetan dan ketahanannya
  • Folding gate dibuat dari bahan besi yang kuat, kokoh, tahan benturan, dan bersahabat dengan berbagai keadaan suhu dan cuaca.
  • Harga pembuatan folding gate termasuk murah dan terjangkau
  • Cara menggunakannya dan merawatnya gampang.

Ada beberapa tips yang wajib anda tahu sebelum memilih dan memesan folding gate di bengkel las supaya anda tidak mendapatkan kerugian karena kerusakan dalam waktu singkat.

  • Konsultasikan bahan yang digunakan dalam pembuatan folding gate. Pilih bahan yang tebal dan sesuaikan dengan ukuran pintu bangunan yang akan dipasang folding gate.
  • Jangan mudah terkecoh dengan harga murah yang ditawarkan namun produk kurang berkualitas.
  • Pilihlah Bengkel las yang bisa memberikan garansi jika terjadi kerusakan dalam waktu dekat.
  • Gunakan roda bearing pada folding gate yang berkualitas sehingga folding gate dapat mudah digeser geser
  • Untuk bahan daun pintu pilih bahan dari galvanum yang terbukti lebih awet karena tahan terhadap korosi.
  • Untuk hasil maksimal folding gate sebaiknya minta dicat 2x supaya lebih awet dan bagus.

Sebagai pengguna sebaiknya anda juga perlu mengetahui sparepart dan aksesoris yang digunakan pada pintu folding gate supaya hasil folding gate yang anda peroleh bisa maksimal sesuai kebutuhan Anda. Berikut ini sparepart yang digunakan dalam pembuatan folding gate:

  1. Slat Daun
  2. Profile / CNP
  3. Silangan
  4. Unp
  5. Join
  6. Stoper
  7. Bearing
  8. Kunci Silinder
  9. Handle
  10. Rel
  11. Siku Dudukan Rel
  12. Borobudur
  13. Paku Keling
  14. Plat Samping

Aplikasi Desain Folding Gate :

sparepart folding gate 2

BACA: 5 Tips Memilih Bengkel Las Terpercaya

Demikian ulasan singkat tentang Folding Gate di bengkel las. Pengetahuan anda tentang pemilihan folding gate yang baik akan meminimalkan kerugian saat pembuatannya.Nah jika anda membutuhkan pembuatan folding gate, rolling door, pintu harmonika dll anda bisa menghubungi Bengkellaspro. Kami memberikan harga terbaik dan pastinya dengan kualitas terjamin. Bengkellaspro melayani anda yang berada di area Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi, Tangerang.