Pagar rumah bermanfaat untuk menambah dan menciptakan sistem keamanan yang baik untuk rumah. Hampir setiap rumah memiliki pagar. Ada banyak ragam pagar yang bisa ditemui antara lain: pagar besi, pagar kayu, pagar tanaman, dan pagar batu.

Selain fungsi keamanan, pagar rumah dapat mempercantik dan memprindah tampilan rumah Anda. Oleh karenanya Anda perlu tahu karakter dan tips memilih pagar supaya rumah terlihat semakin indah dan serasi.

 

BACA: Kenali Atap Alderon dan 8 Kelebihannya Untuk Kanopi Rumah

 

Karakter pagar bisa dilihat dari bahan material penuyusunnya. Bahan material pagar dapat terbuat dari besi, kayu, batu, dan tanaman.

Pagar yang terbuat dari besi biasanya memiliki sifat kuat dan kokoh. Pagar dari besi saat ini banyak digunakan pada rumah klasik, modern dan minimalis. Pagar dari besi tidak mudah kusam dan desainnya bisa disesuaikan dengan selera Anda. Kekurangannya adalah biaya pembuatannya membutuhkan biaya yang cukup besar dan waktu pembuatannya cukup lama bergantung pada desain dan ukurannya.

Pagar yang terbuat dari bahan kayu akan menghasilkan kesan natural dan memunculkan kesan alami. Dibandingkan dengan pagar lainnya biaya pembuatannya lebih murah, cepat dan mudah. Pagar dari kayu atau bambu biasanya diaplikasikan untuk rumah rumah dengan gaya tradisional dan modern. Jika Anda menggunakan pagar dari kayu atau bambu sebaiknya dilapisi dicat dengan cat anti rayap, jamur dan lumut supaya tidak cepat kusam dan lapuk.

Pagar yang terbuat dari batu. Pagar dari batu yang diplester bisa dibentuk dan tambahkan ornamen lain berupa profil dan motif yang berbeda. Pagar ini memiliki sifat kuat. Supaya awet, pembuatan pagar dari batu perlu ditambahkan lapisan waterproofing dan lapisan anti jamur dan lumut. Pagar ini cocok untuk desain rumah modern dan minimalis.

Nah setelah anda mengenal karakter pagar dari bahan materialnya, berikut ini adalah 5 tips memilih pagar yang cocok diaplikasikan untuk rumah Anda:

 

Sesuaikan Pagar dengan Desain Rumah Anda

Pastikan anda memilih pagar sesuai dengan desain rumah Anda. Jika rumah Anda memiliki desain minimalis maka pagar yang dipilih adalah pagar minimalis. Anda bisa membuat pagar dari bahan besi galvanis atau steinllist untuk membuat pagar minimalis.

 

BACA: Gunakan Bahan Steinlist Untuk Pagar Rumah, Ketahui Keunggulannya

 

pembuatan pagar steinlist murah

Begitu pula jika rumah anda bergaya klasik modern maka Anda bisa menggunakan desain pagar yang klasik modern dengan tambahan ornament untuk mempercantik dan menambah kesan mewah rumah.

 

Sesuaikan Pagar dengan  Ukuran Rumah

Jika ukuran rumah Anda kecil misalnya tipe 36 sebaiknya Anda memilih pagar dengan ketinggian maksimal 1.5 m. Sebaliknya jika rumah berukuran besar maka Anda bisa mengaplikasikan pagar dengan ketinggian 1,7 m sampai 1,9 m. Hal ini menjaga proporsionalitas bangunan dan pagar rumah supaya timbul keserasian.

 

Pilih Bahan Material Pagar yang sesuai

Anda bisa menggunakan bahan material dari besi, steinlist, batu, kayu, atau pagar bambu tanaman hidup untuk pembuatan pagar.
Sesuaikan dengan selera dan kebutuhan rumah Anda. Pastikan anggaran Anda mencukupi untuk pembuatan pagar.

 

Pilih Jenis Pagar yang sesuai

Setelah Anda menentukan bahan material pagar yang cocok selanjutnya Anda bisa menghubungi tukang atau bengkel las terbaik yang siap mengerjakan pagar Anda. Biasanya mereka memiliki gambaran atau katalog desain pagar yang bisa Anda pilih.

Kalaupun anda memiliki referensi desain sendiri sebaiknya dikonsultasikan kepada tukang atau bengkel las untuk saran dan harga yang terbaik. Anda bisa mencari referensi baik di majalah maupun di internet. Ada beragam jenis pagar seperti pagar lipat, pagar laser cut, pagar dengan konsep zen minimalis, pagar bergaya monokrom, pagar rumah minimalis desain jaring-jaring dan lainnya. Setelah itu, tentukan mana jenis pagar yang cocok dengan desain rumah Anda.

 

Pilihlah warna cat pagar yang sesuai

Pemilihan warna pagar sangat penting dalam pembuatan pagar rumah. Warna cat yang serasi dengan warna dinding rumah akan terlihat serasi. Jika anda ingin warna yang berbeda pilihlah warna yang netral seperti abu abu, hitam atau putih.

Demikian ulasan tentang tips memilih pagar rumah yang cocok dengan rumah Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin membuat pagar baru.

 

BACA: 5 Tips Memilih Bengkel Las Terbaik

 

Bengkellaspro siap memenuhi kebutuhan Anda memiliki pagar rumah yang indah, kuat, kokoh, awet, dan serasi dengan rumah Anda. Bengkel las kami mengerjakan pembuatan pagar minimalis dan  pagar tempa dengan pilihan desain beragam dan bisa disesuaikan dengan selera Anda. Hubungi tim kami untuk konsultasi lebih lanjut. Kami akan berusaha memberikan desain dan harga yang terbaik untuk Anda. Kepuasan pelanggan dan Kualitas hasil adalah hal utama dari setiap project yang kami kerjakan.