Di masyarakat perkotaan sekarang ini, penggunaan kanopi kaca menjadi pilihan terbaik karena selain bermanfaat melindungi dari cuaca panas dan hujan, kanopi kaca di rumah bisa memberikan kesan stylish dan clean look. Kita bisa merasakan suasana terbuka menyatu dengan alam saat bersantai di bawah kanopi kaca.

Kanopi kaca memberikan pencahayaan alami yang cukup berkualitas dan ini merupakan salah satu aspek ciri hunian yang baik. Tempat tinggal yang baik haruslah memiliki pencahayaan yang cukup supaya terlihat asri dan segar.

Jenis kanopi kaca sangat digemari masyarakat perkotaan karena harganya yang terjangkau awet dan bisa memberikan kesan mewah pada rumah tinggal. Kanopi kaca cocok untuk rumah rumah di kawasan  tropis. Selain dirumah tinggal, Kanopi kaca banyak dipasang untuk vila,hotel,apartemen,mall, restoran, atau cafe.

Baca: 7 Kelebihan Menggunakan Kanopi Kaca untuk Rumah Tinggal

Pemasangan kanopi kaca membutuhkan keahlian khusus karena perlu memperhitungkan kekuatan struktur kanopi karena kaca memiliki masa yang cukup berat. Dalam pemasangan pun harus menperhitungkan bahan tiang struktur penyangga kaca yang cocok kuat dan awet.

Dalam hal  pemasangannya, harus mengaplikasikan  struktur bangunan yang terdiri dari kuda-kuda, reng, usuk, dan juga gording. Struktur rangka biasanya menggunakan bahan baja hollow atau besi WF dengan mempertimbangkan luasan area yang mau ditutupi kanopi kaca.

Selain struktur rangka, anda juga perlu mempertimbangkan bahan kaca yang digunakan harusmemiliki kualitas yang baik tidak mudah pecah dan retak. Biasanya menggunakan kaca dengan ketebalan 10mm. Selain itu kaca harus memiliki ketahanan terhadap hujan dan panas terik matahari.

Berikut ini pilihan bahan kaca yang biasa digunakan dalam pembuatan kanopi  kaca, antara lain:

Kaca Tempered

Jenis kaca ini diproses dengan cara memanaskan kaca hingga 700 derajat celcius, selanjutnya dipanaskan dan didinginkan dengan menyemprot udara secara merata pada permukaannya.

Kaca ini memiliki kekuatan 4-5 kali lebih kuat dari kaca biasa. Cahaya lampu yang mengenai kaca tempered akan mengalami distorsi atau pembelokan.

Saat pecah jenis kaca ini akan terbentuk butiran kecil. Beberapa jenis kaca tempered dipasaran antara lain: Clear, Tinted, Stopsol, Indofigure, Diamond Clear, dan Sunergy/Solar Coated Low-e.

Ukuran kaca tempered yang tersedia di pasaran mulai 3mm hingga 19mm tergantung jenis dan warna kaca..

Kaca Laminated

Jenis kaca ini merupakan adalah paduan dua kaca yang mengapit kaca biasa atau polyvinyl buthyral (PVB) di bagian tengah. Lapisan PVB ini berfungsi untuk mengikat dua lapisan kaca dan sebagai penguat dari kaca tersebut.

Kaca laminatedtermasuk jenis kaca yang  safety glass dan biasanya digunakan untuk eksterior rumah seperti kanopi dan jendela, atau kaca pada kendaraan.

Kaca laminated memiliki kemampuan menahan sinar UV dengan baik tapi sensitif terjadi retakan. Jika ditemukan retakan pada knopi sebaiknya Anda harus segera mengganti kacanya karena retakan akan dengan cepat merembet dan tentunya sangat berbahaya bagi penghuni rumah.

Kaca laminated memiliki kelebihan karena warnanya lebih banyak tergantung pada warna PVB yang digunakan pada kaca laminated. Dalam pembuatan kanopi kaca menggunakan kaca laminated biasanya digunakan kaca dengan ketebalan 3-5 mm.

 

Kaca Bending

Jenis kaca bending memiliki bentuk kaca yang lengkung. Pembuatannya dengan cara dicetak sesuai bentuk yang diinginkan. Proses pelengkungan kaca ini bergantung pada ketebalan kaca, bentuk, ukuran dan derajat kelengkungannya.

Kaca bending sering digunakan untuk pemasanga kanopi kaca di cafe dan restoran untuk memberikan kesan estetik dan stylish.

Teknologi pelengkungan kaca bisa memberikan keleluasaan Anda berkreasi membentuk kanopi kaca.

 

Kaca Akrilik

Kaca akrilik merupakan campuran polymethyl methacrlate yang berupa plilmer sintetis dari metil metakrilat yang dapat mencair jika dipanaskan. Campuran ini menghasilkan bahan akrilik yang transparan mirip kaca sehingga material ini dikenal dengan nama  kaca akrilik.

Kaca akriklik bersifat bening dan transparan. Kaca ini mempunyai berat yang sangat ringan dan ketahanannya pun kuat serta tidak gampang pecah

Kaca akrilik juga mudah dibentuk dan dilubangi dengan menggunakan bor.  Kaca akrilik memiliki daya serap cahaya yang lebih rendah dibandingkan kaca yang lainnya. Semakin tebal lapisan kacanya maka sinar yang masuk menembus kaca semakin kecil. Namun demikian kaca akrilik memiliki sifat elastis dan lentur  sehingga lebih tahan pada tekanan air.

Kaca akrilik biasa diaplikasikan dalam pembuatan aquarium raksasa. Dipasaran kaca akriklik tersedia dalam ketebalan 3-5mm.

 

Kaca Sandblast

Kaca Sandblast mempunyai efek buram atau pasir yang menyebabkan aktifitas dibelakangnya tidakterlihat dengan jelas. Dalam pembuatannya kaca ini dibuat dengan menyemprotkan pasir khusus yang halus dalam tekanan tinggi. Adapun cara lebih cepat membuat kaca memiliki efek sandblast adalah dengan menempelkan stiker sandblast pada kaca.  Cara ini lebih mudah dan praktis.

Kelebihan menggunakan kaca sandblast adalah bisa memberikan suasana terlihat sejuk. Kaca sandblast biasanya digunakan dalam pembuatan interior rumah seperti untuk partisi dan di kamar mandi.

Kekurangan kaca sandblas adalah pori pori yang lebih besar sehingga jika terkena debu akan sulit dibersihkan dan perlu perawatan yang lebih intensif.

 

Baca juga:  Mengenal Besi Galvanis dan Kelebihannya

Demikian ulasan bahan bahan kaca yang biasa digunakan dalam pembuatan kanopi kaca. Bengkellaspro melayani pembuatan kanopi kaca yang dikerjakan oleh tukang tukang berpengalaman. Kami memberikan kualitas bahan dan harga terbaik untuk pemasangan di rumah, cafe, restoran, hotel, apartemen, toko, mall dll. Anda ingin berkonsultasi dengan kami, silahkan hubungi kami.