Profil baja struktural yang saat ini populer adalah profil WF (Wide Flange). Paling sering digunakan dalam konstruksi baja. Namun demikian profil baja WF ternyata memiliki banyak sebutan  profil H, HWF, H-BEAM, IWF, dan I. Bahkan ada juga beberapa tempat yang menggunakan istilah WH, SH, dan MH.

Baca: Kenali Jenis dan Tipe Baja Yang Dipakai dalam Konstruksi Bangunan

Karena acuan kita adalah SNI, maka kita akan memperoleh ada beberapa standar untuk produksi material profil berbentuk I:

  1. SNI 07-0329-2005, Baja I Beam Canai Panas
  2. SNI 07-2610-1992, Baja Profil H Hasil Pengelasan Dengan Filter
  3. SNI 07-7178-2006, Baja Profil WF Beam Proses Canai Panas

Secara garis besarnya perbedaan ketiganya bisa dilihat dari tabel berikut:

Profil I Profil WF Profil H
Proses pembuatan: hot-rolled
Ada 2 lengkungan (r1, r2)
Proses pembuatan: hot-rolled
Ada 1 lengkungan (r1)
Proses pembuatan: pelat + las.

Jadi, seperti itulah kira-kira penamaan yang paling benar sesuai standar yang ada.

Tapi, kenyataannya yang beredar di lapangan sedikit menyimpang.

Profil I yang sebenarnya hampir jarang kelihatan di lapangan. Profil H yang sebenarnya juga jarang yang pesan kecuali untuk ukuran yang sangat besar atau ukuran khusus.

Malah yang paling laris adalah profil WF. Tapi entah darimana sejarahnya, profil WF pada akhirnya sering juga disebut profil I dan profil H. Kalau profil H masih bisa dimaklumi, karena referensi asal SNI adalah standar Jepang (JIS). JIS sendiri menggunakan istilah H untuk  profil WF. Ukurannya pun sama.

Baca: Keuntungan Menggunakan Baja Ringan Dalam Pembuatan Kanopi

Demikian ulasan singkat perbedaan baja WF dan H-BEAM. Jika anda membutuhkan konsultasi untuk konstruksi baja untuk bangunan, pabrik, GOR dll anda bisa menghubungi tim Bengkellaspro. Kami memberikan jaminan kualitas bahan dengan harga yang terjangkau untuk Anda.