Pembuatan Teralis Jendela menjadi bagian penting yang berfungsi menjaga keamanan rumah dari kejahatan. Dalam pembuatan teralis jendela perlu dipertimbangkan kekuatan besinya dan segi estetikanya sehingga teralis jendela dapat menambah keindahan dan keserasian rumah. Kekuatan besi bisa dilihat dari ukurannya. Semakin tebal ukurannya maka semakin kuat teralis yang di buat. Nah tentunya nanti dalam pembuatannya juga akan diperhitungkan jarak antar besinya.

Begitupula dengan Modelnya. Model teralis yang ada bisa model minimalis dan model non minimalis. Tentunya pemilihan model teralis perlu disesuaikan dengan desain rumah. Jika desain rumah minimalis lebih cocok jika digunakan model teralis minimalis. Begitupula sebaliknya.

Baca: Mengenal Model dan Jenis Besi Hollow Sebagai Bahan Dasar Bengkel Las

Dalam pembuatan teralis jendela, bengkel las biasanya menggunakan besi nako. Besi nako (virkant) ada yang berbentuk kotak, bulat, dan berulir. Besi nako sudah sejak lama digunakan kebanyakan bengkel las karena kekuatannya dan cocok dipakai untuk teralis desain. Ada beberapa jenis besi nako yang digunakan untuk pembuatan teralis jendela antara lain:

1. Besi Nako Kotak
besi nako kotak untuk pembuatan teralis jendelaBesi nako kotak banyak digunakan sebagai bahan utama teralis jendela minimalis. Besi ini memiliki bentuk kotak yang bisa menambah kesan minimalis pada bangunan bangunan rumah minimalis.

 

 

2. Besi Nako Giles
besi nako giles untuk pembuatan teralis jendelabesi nako giles memiliki bentuk  kotak seperti besi nako biasa, namun besi ini terdapat motif berupa tonjolan-tonjolan kotak yang seragam. Besi ini masih cocok dipasang di rumah model minimalis, namun lebih baik dipakai untuk pemasangan teralis jendela pada rumah mewah.

 

 

Baca : Ketahui 5 Tips memilih Bengkel Las Terpercaya

3. Besi Nako Ulir
besi nako ulir untuk pembuatan teralis jendelaBesi nako ulir memiliki bentuk bulat dan berulir. Nako ulir bisa saja dibuat sendiri dari besi nako biasa / kotak, namun memerlukan waktu yang cukup lama. kebanyakan bengkel las lebih memilih membeli langsung besi jenis ini ditoko besi daripada membuatnya sendiri dari besi nako kotak karena biayanya lebih murah dibanding membuat sendiri dan waktunya lebih efektif.

Besi nako ulir ini umumnya dipakai untuk pembuatan teralis jendela, pintu besi dan pintu pagar model tempa.

 

 

 

Ukuran besi nako memiliki kisaran dari 8.0 mm ~ 19.0 mm. Secara rinci silahkan tabel berikut:

Ukuran (mm) Section Area (cm2) Unit Weight (Kg/m)
8.0 x 8.0 0.64 0.503
10.0 x 10.0 1.00 0.785
12.0 x 12.0 1.44 1.131
16.0 x 16.0 2.56 2.010
19.0 x 19.0 3.61 2.834

Baca: Kelebihan Penggunaan Kanopi Kaca Untuk Rumah Minimalis

Demikian ulasan sekilas tentang ukuran dan jenis besi yang digunakan dalam pembuatan teralis jendela. Dengan mengetahui ukuran dan jenis besi nako anda bisa menentukan sendiri pilihan model dan ukuran besi yang sesuai selera Anda.  Jika anda tertarik dan ingin membuat teralis jendela sesuai keinginan Anda bisa hubungi kami untuk pertanyaan dan konsutasi. Bengkellaspro adalah bengkel las terbaik di jabodetabek  akan memberikan harga dan model teralis jendela terbaik untuk rumah Anda.