Kanopi rumah berfungsi memberikan kesejukan dan keteduhan suatu rumah dari panas dan hujan. Di Indonesia yang beriklim tropis yang memiliki 2 musim panas dan penghujan mendorong orang membuat kanopi untuk rumahnya. Dalam pembuatan kanopi, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor bahan atap kanopi, rangka atap kanopi, dan desain kanopi. Hal ini terkait dengan kekuatan, keawetan, dan artistik rumah.

Terkait rangka kanopi biasanya menggunakan bahan besi dan baja ringan. Namun ada juga yang menggunakan kayu. Masing masing bahan rangka memiliki kelebihan dan kekurangan. Dalam hal ini kita akan membahas tentang keuntungan menggunakan bahan baja ringan untuk kanopi rumah.

1. Baja ringan tidak mudah karat

Baja ringan berbeda dengan besi dan kayu.  yang membutuhkan perawatan ekstra akibat korosi dan pelapukan akibat cuaca. Perawatan ekstra itu misalnya pengecatan dan pelapisan dengan zat anti karat atau anti rayap. Baja ringan tidak membutuhkan perlakuan khusus seperti halnya besi atau kayu.

2. Baja ringan mudah di rakit dan dipasang

Pembuatan rangka kanopi menggunakan baja ringan lebih mudah dan cepat. Penyambungan baja ringan cukup digunakan sekrup-sekrup saja. jadi kekuatannya penyambungan bergantung pada skrup sekrup yang digunakan. Berbeda halnya dengan rangka besi yang harus disambung menggunakan cara pengelasan atau kayu yang disambung dengan cara dipaku.

3. Baja ringan tidak di makan oleh rayap

Rayap tidak bisa memakan materi bahan baja ringan sehingga rangka kanopi akan tetap aman meski harus di tanam di dalam tanah. Sebaliknya rangka kayu bisa menjadi santapan rayap jika tidak dilakukan perawatan khusus dengan memberikan lapisan zat anti rayap.

4. Baja ringan tahan terhadap api

Sifat bahan baja ringan adalah tahan api dan tidak membesarkan api ketika terjadi kebakaran rumah misalnya. Berbeda halnya dengan besi dan kayu yang bisa menyebabkan api bisa membesar dan cepat menjalar ketika mengenai materi bahan tersebut.

5. Baja Ringan tidak mengalami pemuaian dan penyusutan

Perubahan cuaca bisa menyebabkan rangka mengalami pemuaian jika terkena panas dan penyusutan jika suhu rendah. Pemuaian dan penyusutan ini bisa dengan mudah dialami oleh besi atau kayu. Pemuaian dan penyusutan bisa menyebabkan kerusakan sambungan lebih cepat bahkan bisa menyebabkan patahnya sambungan.  Baja ringan tidak mudah memuai atau menyusut. Kanopi baja ringan akan mempertahankan ukurannya

6. Harga pembuatan Kanopi Baja Ringan lebih murah dibandingkan dengan besi dan kayu

Karena pemasangan lebih mudah dan lebih cepat maka harga pembuatan kanopi baja ringan pun lebih murah dibandingkan bahan besi atau kayu. Dan pula harga bahan baja ringan lebih murah dibanding besi dan kayu.

Baca juga :  6 Cara Merawat Kanopi Supaya Awet dan Tetap Kokoh

Selain miliki kelebihan,  penggunaan bahan baja ringan untuk rangka kanopi juga memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut:

  1. Kekuatan sambungan baja ringan bergantung pada sekrup sekrupnya.
  2. Desain kanopi dengan Baja ringan tidak bisa fleksibel seperti halnya besi dan kayu yang bisa dibuat bervariasi
  3. Jika ingin dilakukan pengecatan membutuhkan berkali kali pelapisan agar bisa sempurna

Demikian ulasan beberapa keuntungan menggunakan baja ringan sebagai rangka kanopi. Keuntungan dan Kekurangan penggunaan bisa menjadi pertimbangan Anda dalam pembuatan kanopi untuk rumah Anda. Jika anda berminat buat kanopi untuk rumah,hotel,vila,kantor silahkan konsultasikan kebutuhan Anda. Bengkellaspro akan memberikan desain dan bahan terbaik dengan harga terjangkau untuk Anda.

Selain pembuatan kanopi, kami juga melayani pembuatan rolling door, pintu pagar, teralis jendela, railing tangga, railing balkon, tangga putar, konstruksi besi baja dll untuk wilayah area di Jabodetabek. Jadi jangan salah pilih Bengkel Las terbaik di Jabodetabek

Semoga artikel ini bermanfaat. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat mohon bantu share dan like ya.