Saat ini konstruksi baja banyak digunakan dalam pembangunan rumah seperti untuk kuda kuda, ikatan angin,rangka jembatan, tiang transmisi dan menara air. Jenis baja yang paling sering digunakan adalah baja WF karena baja ini bersifat struktural. Baja memiliki daya tahan yang tinggi dan sangat kuat untuk menahan beban tarik aksial atau tekan aksial. Baja WF juga memiliki kelenturan yang serupa dengan pembangunan strukturnya. Selain itu baja juga merupakan komponen yang cocok diaplikasikan pada berbagai konstruksi bangunan.

Baja Wide Flange (WF) memiliki bentuk yang serupa dengan besi H-beam dan biasa digunakan sebagai material konstruksi besi baja dalam konstruksi bangunan. Perbedaannya, kekuatan besi WF jauh lebih tinggi baik itu pada gaya tekan maupun gaya tariknya

Baca: Perbedaan Baja WF dan Besi H-Beam

Perlu anda ketahui bahwasanya sifat utama dari baja adalah kuat terhadap berbagai macam keadaan yang tergantung berdasarkan cara peleburan baja, jenis, tipe dan banyaknya logam campuran, serta proses pembuatan.

Berikut ini beberapa Tipe Konstruksi baja yang paling banyak digunakan untuk konstruksi bangunan antara lain:

1.Tipe Rangka (Frame Structure)

Tipe Rangka merupakan jenis konstruksi baja yang populer dimana terbangun atas beberapa batangan baja yang saling menguatkan satu sama lain. Tipe Rangka terdiri dari batang tarik, dan batang belok batang lentur dengan beban aksial. Biasanya tipe rangka diaplikasikan untuk struktur atap, jembatan, pergudangan, pabrik, BTS operator seluler, Tower Transmisi Listrik, dan lain lain.

2.Tipe Cangkang (Shell-Type Structure)

Tipe Cangkang lebih mengutamakan untuk menahan tarikan. Bagian lengkungan atau cangkang digunakan untuk menahan beban. Secara umum penggunaan tipe cangkang dikombinasikan dengan tipe rangka untuk memberikan daya tahan yang lebih tinggi. Konstruksi baja tipe cangkang ini biasanya diaplikasikan pada pembuatan tangki air.

Contoh bangunan yang menggunakan konstruksi tipe cangkang antara lain: kubah masjid, gelora, atau stadiun olah raga

3.Tipe Suspensi (Suspension Type Structure)

Tipe Suspensi memanfaatkan adanya keberadaan kabel tarik. Beberapa ahli mengatakan bahwa elemen tarik pada tipe suspensi  terbukti paling efisien untuk menahan beban.  Konstruksi baja dengan tipe suspensi banyak digunakan pada bangunan yang memiliki beban tinggi yang membutuhkan tingkat elastisitas tinggi. Contohnya adalah kabel baja pada jembatan.

 Baca: Ketahui Kelebihan Penggunaan Kanopi Kaca Untuk Rumah Minimalis

Pada umumnya baja yang digunakan dalam konstruksi baja bangunan adalah berupa batangan dan pelat. Setiap batangan dan pelat memiliki penampang permukaan yang di sebut dengan istilah profil. Dipassaran sudah tersedia berbagai macam profil yang digunakan pada bahan baja sebagai berikut

Baja Tunggal

Tipe-tipe baja yang memiliki profil baja tunggal terdiri dari baja siku-siku sama kaki, tidak sama kaki (baja T dan baja L), baja I, dan baja canal

Baja Gabungan

Baja gabungan terdiri dari double baja L sama kaki, double baja L tidak sama kaki, dan double baja I

Baja Susun

Sementara itu, baja susun merupakan baja yang terdiri dari double baja I atau lebih. Artinya, baja yang tersusun lebih dari 2 baja I.

Baca:  Ketahui 5 Tips Memilih Bengkel Las Terpercaya

Demikian ulasan singkat jenis dan tipe baja yang digunakan dalam konstruksi bangunan. Bengkellaspro melayani pembuatan konstruksi baja untuk bangunan rumah, gudang, pabrik GOR dll dikerjakan oleh tukang berpengalaman dengan harga terjangkau dan berkualitas. Hubungi tim kami untuk konsultasi lebih lanjut jika Anda membutuhkan.